VISI

Menjadikan Program Studi Fisika UMRI yang bermarwah dan bermartabat dalam menghasilkan sumber daya manusia yang menguasai IPTEK dan IMTAQ berlandaskan pada Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada tahun 2018

 

Penjelasan makna visi disampaikan sebagai berikut:

1. Program Studi Fisika UMRI yang bermarwah dan bermartabat

  • Bermarwah merupakan kata yang digunakan untuk menggambarkan bahwa Program Studi Fisika UMRI sebagai lembaga yang memiliki kualitas kepribadian yang dilandasi Islam dan Kemuhammadiyahan, sehingga dalam perjalanannya ke depan akan mendapat penghormatan & penghargaan dari masyarakat atau lembaga lainnya.
  • Bermartabat merupakan kata yang digunakan untuk menggambarkan agar kehormatan dan penghargaan yang telah diterima (Marwah) dipertahankan secara konsisten oleh civitas akademika Program Studi Fisika UMRI dalam situasi dan kondisi apapun demi menegakkan prinsip dan keyakinan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan.

2. Menghasilkan sumber daya manusia yang menguasai IPTEK berlandaskan kepada Al-Islam dan

Kemuhammadiyahan

  • Iptek merupakan akronim yang digunakan untuk mengambarkan bahwa civitas akademika Program Studi Fisika UMRI harus menguasai dan mengamalkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dalam bidang ilmu-ilmu Alam.
  • Imtaq merupakan akronim yang digunakan untuk menggambarkan bahwa UMRI berkewajiban menanamkan nilai-nilai iman dan ketaqwaan kepada seluruh civitas akademika berlandaskan Islam dan kemuhammadiyahan
  • Al-Islam: terdapat pada ayat Al Quran “Inna dinna indalllahi Al-Islam” yang terkadang ditakwilkan bermakna “berserah diri di hadapan Tuhan”. Kalimat ini mengartikan bahwa seluruh civitas akademika betul-betul berserah diri kepada Tuhan serta mengikuti seluruh perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya
  • Kemuhammadiyahan: menunjukkan bahwa seluruh civitas akademika memahami Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dalam bentuk dakwah amar ma’ruf nahi munkar dan tajdid yang bersumber dari Al Qur’an dan As Sunnah.

 

MISI

Untuk dapat mencapai Visi yang telah ditetapkan, maka langkah-langkah atau Misi yang akan dilaksanakan adalah:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Fisika yang berkualitas.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan dalam bidang Fisika dalam rangka menghasilkan produk yang berkontribusi pada pengembangan IPTEK.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pemanfaatan bidang IPTEK.
  4. Menciptakan iklim kondusif untuk tumbuh dan berkembangnya SDM bidang Fisika yang berwarwah dan bermartabat, budaya mutu, IPTEK serta implementasi iman dan taqwa melalui pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan,

(Perumusan Ulang dalam Renstra Program studi  2014-2018)

 

TUJUAN

Pernyataan Tujuan di dalam Renstra Program Studi  2014-2018:

  1. Menghasilkan lulusan SDM bidang Fisika yang kompeten di bidangnya.
  2. Menghasilkan penelitian  yang  berkontribusi pada pengembangan IPTEK
  3. Memberi kontribusi pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Fisika.
  4. Menghasilkan SDM di bidang Fisika yang Bermarwah dan Bermartabat.

(Perumusan Ulang dalam Renstra Program studi  2014-2018)

 

DESKRIPSI DAN PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI FISIKA 

  1. Deskripsi Prodi

            Program Studi Fisika UMRI mempersiapkan mahasiswanya dalam berbagai jenis pekerjaan baik masih dalam  tataran Fisika maupun dalam lingkup yang lebih besar. Hal ini tercermin dalam bidang-bidang yang digeluti oleh para alumni Fisika UMRI yang mampu berkontribusi dalam bidang Instrumentasi, Metrologi, Kalibrasi, Kontrol Lingkungan, jasa dan perdagangan (software Maker, wirausaha, dll), dan berbagai bidang lainnya.

  1. Keungulan Prodi

            Hampir seluruh lulusan jurusan Fisika sudah terserap di berbagai lapangan pekerjaan maupun industri diantaranya: Metrologi, Guru atau Staff Pengajar, Konsultan Lingkungan, Analis Laboratorium, Rumah Sakit, Perbankan dan Institusi Pemerintahan.

            Dengan Akreditasi B dan Ban PT kami berkomitmen memberikan pendidikan terbaik dan berkualitas yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, iman dan taqwa untuk menghasilkan lulusan yang memiliki integritas, kreatif, innovatif, dan berakhlak terpuji.

            Kegiatan Soft Skill yang diberikan kepada mahasiswa:

  1. Quantum Learning
  2. Interpersonal Skill
  3. Intrapersonal Skill
  4. Communication Skill

            Study Club yang dijalankan di Program studi Fisika :

  1. Olahraga
  2. Seni
  3. English Club
  4. Instrumentation Club
  5. Klub Kerohanian

 

  1. Profil Lulusan
  • Research and Development: Lulusan Fisika mampu melakukan penelitian dan pengembangan untuk kepentingan komersial dalam hal riset ilmiah murni dan pengembangan aplikatif dibidang teknologi yang berorientasi pada instrumentasi industri, instrumentasi lingkungan, serat optik dan rancang bangun sistem. unit kerja BUMN, Perusahaan Migas dan Tambang Perusahaan-perusahaan telekomunikasi,  dll. Posisi Karir : Staff R & D Fisika, Supervisor Quality Control, Supervisor Sistem Kontrol, Peneliti atau Staff Ahli Fisika Analis Laboratorium.
  • Environment Control: Lulusan Fisika mampu dalam pengambilan sampel dan penggunaan alatnya serta memprediksi kondisi lingkungan ke depan dengan pendekatan pemodelan. Unit kerja: Perusahaan yang bergerak di pembuatan fasilitas atau pengolahan lingkungan. Posisi karir: Analis/Pengawas Kerusakan Lingkungan Analis/Pengawas Pencemaran Lingkungan Konsultan Lingkungan
  • Metrologi: Lulusan Fisika mampu melakukan pengukuran, kalibrasi dan akurasi di bidang industri, ilmu pengetahuan dan teknologi. Unit kerja: Badan Standarisasi Nasional, Lapan, LIPI, meteologi, dll. Posisi Karir: Staff Laboratorium Mutu, Teknisi Kalibrasi, Analisis/Penguji Mutu, Teknisi Tera dan Auditor Kalibrasi.
  • Enterpreneur: Mampu menciptakan lapangan kerja secara mandiri terkait barang dan/atau jasa yang berhubungan dengan bidang Fisika.   Usaha mandiri yang bergerak di bidang elektronika, Bimbingan belajar, dll

 

Tags: