PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI D. III KEPERAWATAN UMRI DAN HIMPUNAN MAHASISWA KEPERAWTAAN (HIMAKEP) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU SEMPENA Global Handwashing Day:

EDUKASI CUCI TANGAN PADA SISWA SDN 159 PEKANBARU (JUMAT, 27 OKTOBER 2017)

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Pengumuman penunjukkan Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia pada 15 Oktober dilakukan pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 di Stockholm[1] seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB. Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia diharapkan akan memperbaiki praktik-praktik kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya [2].

Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia adalah upaya memobilisasi jutaan orang diseluruh dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun. Inisyatif ini dikumandangkan oleh PPWH, Kemitraan Swasta dan Publik untuk Cuci Tangan (Public Private Partnership for Handwshing) dan didukung oleh PBB

 

Cuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara yang paling efektif dan terjangkau untuk mencegah penyakit. Perilaku sederhana ini dapat memberikan perlindungan dari penyakit seperti diare dan infeksi saluran pernapasan akut seperti pneumonia. Selain itu, mencuci tangan juga membantu mencegah penyebaran penyakit infeksi lain seperti influenza dan ebola.

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (Global Handwashing Day) setiap tahun jatuh pada tanggal 15 Oktober. Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia dirintis oleh Public-Private Partnership of Handwashing (PPPHW) pada tahun 2008. Sejak itu, masyarakat dan pemerintah memanfaatkan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia untuk meningkatkan kepedulian dan pemahaman terhadap pentingnya mencuci tangan dengan sabun sebagai cara yang mudah, efektif, dan terjangkau untuk mencegah penyakit.

Dilaksanakan di lebih dari 100 negara, peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia turut didukung oleh organisasi-organisasi seperti WHO, Unicef, dan Unilever. Pada peringatan tahun ini, tema yang diambil yaitu “Make Handwashing a Habit!” Tema tersebut diambil sebagai pengingat bahwa mencuci tangan penting untuk dibiasakan pada waktu tertentu seperti sehabis menggunakan toilet dan sebelum makan.