Telp/Fax:(0761) 35008, 20497
 

Archives

 

Category

 
 

KESEHATAN MENTAL

 

KESEHATAN MENTAL

Islam dan Kesehatan Mental. Potensi sifat manusia; sifat negatif (hati tidak bersih), sifat positif (hati yang bersih). Sifat spontanitas: munculkanlah sifat – sifat yang baik. Hati yang menuju Islam; mendapat hidayah Allah SWT, merasa senang mendalami Islam karena hati bersih maka cahaya Islam masuk. Ilmu yang sampai ke dada membuat seseorang yang berilmu bertambah ilmunya dan mudah mendapat hidayah dan makin banyak amal ibadahnya. Sedangkan ilmu yang hanya sampai di kepala, hanya pintar beargumentasi. Ilmu yang diamalkan lebih baik. Oleh karena itu harus mempelajari agama. Hati yang bersih membuat iman bersemi di hati, ilmu yang dimiliki, pemahaman dibuktikan atau diperlihatkan dalam bentuk amal shaleh yang akan diterima oleh Allah SWT. Amal karena ingin diterima sosial tidak sampai kepada Allah SWT.

Rizki yang berkah ditunjukkan oleh: merasa senang berbagi, makin banyak rizkinya makin baik, rizki yang ada mampu dikelola dengan baik, memiliki sifat qanaah (sederhana) dan selalu merasa tenang, selalu merasa cukup dengan rizki yang diberikan Allah SWT, harta dibelanjakan/dipergunakan di jalan Allah SWT.

Etos kerja yang tinggi menunjukkan bahwa hati bersih, ibadah baik, rajin, disiplin waktu dan aturan. Wajah yang cerah adalah wajah yang rajin ibadah, 90% penyakit disebabkan oleh hati dan jiwa yang tidak sehat dan bersih.

Created by Ns. Isnaniar, S.Kep,M.Kep
 
 

Share This Page