Dr. Rory Alisdair Dow (Odonata Researcher) didampingi oleh M.  Iqbal (RER), memaparkan hasil penelitian tentang “Odonata (dragonflies and damsflies) of the Kampar Peninsula Landscape, Riau Province, Sumatra” pada tanggal 20 November 2023 dihadiri oleh Rektor UMRI, Wakil Rektor I dan Dekan Fakultas MIPA dan Kesehatan  pimpinan unit dan civitas akademika  serta mahasiswa Biologi, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Survei keanekaragaman Odonata (Capung) di kawasan Restorasi Ekosistem Riau (RER) ini telah dilakukan sejak tahun 2020, melibatkan Novia Gesriantuti, M. Si. (Dosen Prodi Biologi, FMIPAKES, UMRI) sebagai Pendamping Peneliti Asing dan juga mengikutsertakan mahasiswa Biologi, UMRI.

Penelitian ini merupakan salah satu upaya  dari RER untuk mengetahui kesehatan ekosistem dan keanekaragam hayati kawasan RER. Hasil survei keanekaragaman Odonata menunjukkan ekosistem kawasan RER  merupakan kawasan yang sehat dan mendukung untuk kehidupan Odonata, ditemukannya  juga beberapa spesies Odonata yang belum tercacat di Sumatera dan beberapa spesies yang baru ditemukan di Propinsi Riau.

By hendra pratama

admin fakultas mipa dan kesehatan universitas muhammadiyah riau