Pimpinan Fakultas MIPA dan Kesehatan

Dekan : Prasetya, M.Si
Wakil Dekan : Delovita Ginting, M.Si
Ka. Prodi Fisika : Yulia Fitri, M.Si
Ka. Prodi Keperawatan : Ns. Pratiwi Gasril, S.Kep. M.Kep
Ka. Prodi Kimia : Fitra Perdana, S.Si., M.Sc
Ka. Prodi Biologi : Nopripa Herlina, M.Si
Ka. Prodi Kebidanan : Jumiati, M. Kes
Ka. Prodi Farmasi : apt. Dewi Gulyla M. Farm
Sekretasi Prodi Farmasi : apt. Nurbaiti, M.Farm
Ka. Lab. Fisika : Neneng Fitrya, M.Si
Ka. Lab. Keperawatan : Chairil, S.K.M., M.KI
Ka.Lab. Kimia : Hasmalina Nasution, M.Si
Ka. Lab. Biologi : Novia Gestaruni, M.Si
Ka. Lab Farmasi : apt. Tri Nova Lovena, M. Si
Kepala Tata Usaha : Gita Ayu Silviana, SKM
TU Fakultas : Wan Fitra Hidayat, S.IP

Struktur Organisasi Fakultas MIPA dan Kesehatan

Sejarah Singkat Fakultas

Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Kesehatan didirikan bersamaan dengan pendirian Universitas Muhammadiyah Riau melalui SK. Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 94/D/0/2008

Tanggal 5 Juni 2008 Tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi Baru dan Penggabungan Akademi Otomotif, Akademi Keuangan dan Perbankan, Akademi Keperawatan Muhammadiyah Riau menjadi Universitas Muhammadiyah Riau diselenggarakan oleh BPHPT Muhammadiyah Riau.

Fakultas MIPA dan Kesehatan yang merupakan penggabungan tiga buah jurusan baru (Fisika, Kimia dan Biologi) dan satu jurusan yang terdahulu serta telah dikenal masyarakat Riau sebagai D3 Keperawatan Akademi Keperawatan (AKPER) Muhammadiyah, dengan maksud bukan menghilangkan AKPER sebagai institusi, akan tetapi justru ikut mengembangkannya menjadi lebih besar dan lebih berdayaguna dengan mengkomposisikannya dengan MIPA yang merupakan ilmu dasar bagi seluruh rumpun ilmu dunia.

 

Visi

”Menjadikan FMIPAKes sebagai suatu lembaga pendidikan yang bermarwah dan bermartabat dalam menghasilkan lulusan yang menguasai sains dan Kesehatan berlandaskan imtaq pada tahun 2030”  

 

Misi

  1. Menyelenggarakan budaya akademik dan perilaku kecendekiawanan yang berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang senantiasa mengikuti perkembangan sains dan kesehatan serta kebutuhan stakeholder melalui penerapan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI), Problem Based Learning (PBL), Student Centered learning (SCL) dan Contextual Teaching Learning (CTL).
  3. Melaksanakan kegiatan penelitian yang bermutu berbasiskan kepada sains dan kesehatan yang memanfaatkan sumber daya lokal yang ramah lingkungan untuk kemajuan bangsa dalam menjawab tantangan global serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu sebagai bentuk tanggung jawab Community Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk perwujudan yang berbasis sains dan kesehatan yang memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri dalam rangka mengembangkan kepentingan FMIPAKes UMRI dalam mengimplementasikan Catur Dharma Perguruan Tinggi

Tujuan

  1. Mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki budaya akademik dan perilaku kecendekiawanan yang berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, mampu bersaing secara nasional dan internasional, serta mampu mengembangkan diri mengikuti perkembangan iptek di bidang sains dan kesehatan.
  3. Menghasilkan penelitian berbasiskan kepada sains dan kesehatan yang memanfaatkan sumber daya lokal yang ramah lingkungan untuk kemajuan bangsa dan menjawab tantangan global serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Mendukung pembangunan masyarakat madani dengan memanfaatkan produk penelitian di bidang sains dan kesehatan yang berbasis pemanfaatan sumber daya alam lokal dan lingkungan.
  5. Memiliki hubungan kerjasama yang baik dan saling menguntungkan dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri dalam rangka mengembangkan kepentingan dalam mengimplementasikan Catur Dharma Perguruan Tinggi.

Join Us

Kampus Utama: Jl.Tuanku Tambusai, Delima., Pekabaru-Riau, Indonesia | 0761839577

© FMIPA & Kes UMRI 2022