Status Akreditasi : Berakreditasi

Sejarah Singkat

Program Studi Fisika merupakan salah satu program studi yang merupakan bagian dari Fakultas MIPA dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau. Program Studi ini berdiri seiring berdirinya Universitas Muhammadiyah Riau

Pendirian Program Studi Fisika pada hakikatnya adalah sejalan dengan usaha Pemerintah Riau dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pemenuhan tenaga ahli di bidang ilmu Fisika.

Tujuan

Tujuan pendidikan program Sarjana Fisika adalah mengupayakan agar lulusan program ini memiliki kemampuan dasar sarjana Fisika, yaitu perilaku berikut :

Kemampuan pada taraf awal untuk menggunakan dedukasi matematis berdasar sosok pengetahuan fisika yang telah ada guna menjelaskan gejala/fakta empiris, serta memahami bagaimana teori digunakan untuk meramalkan fakta baru.

  1. Learning To Know

Kemampuan menggunakan system pengamatan (observasi) yang terdiri atas system peralatan fisika untuk menguji teori berdasarkan hasil observasi. Serta mampu menerapkan ilmunya pada bidang-bidang yang menggunakan dasar fisika.

  1. Learning To Do

Memiliki wawasan MIPA yang luas sehingga dapat menjelaskan berbagai gejala alam sehari-hari secara professional dan mampu membantu masyarakat umum memahami berbagai gejala alam maupun perkembangan ilmu dan teknologi

  1. Learning To Be

Memiliki wawasan social budaya agar dapat berperan aktif sebagai seorang intelektual dalam masyarakat umum melalui profesinya.

  1. Learning To Live Together

Dengan bekal kemampuan dasar sarjana Fisika diharapkan mampu mengikuti pendidikan lanjut program akademis (Magister atau Doktor) dalam bidang fisika  baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu seorang sarjana fisika diharapkan mampu mengembangkan kemampuannya sehingga dapat memberi pelayanan pada masyarakat dalam bidang terapan fisika.

 

Visi dan Misi