JANGAN TAKUT MISKIN KARENA BERBAGI

PENGAJIAN

Berbagi itu indah. Pada bulan puasa atau di luar bulan Ramadhan berbagi makanan pada orang yang berpuasa mendapatkan padala yang sama dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang sedang berpuasa tersebut. Membelanjakan harta di jalan Allah SWT melalui berbagi tidak akan mengurangi harta yang ada, akan tetapi akan menambah berkah harta yang dimiliki sehingga dapat bertambah. Berbagi tidak hanya dilakukan di bulan puasa, tetapi dapat dilakukan setiap hari sepanjang tahun. Mengeluarkan harta untuk sedekah, infaq, wakaf, zakat bukan hanya membantu orang lain, akan tetapi bermakna untuk membantu diri sendiri selamat dari azab api neraka. Berbagi harus memberikan yang terbaik

Ibadah maliah merupakan terapi bagi hati yang keras, sikap tidak peduli, suka meremehkan orang lain dan susah menerima nasehat, dengan ibadah amaliah ini dapat melembutkan hati yang keras, seperti memberi makan anak yatim dan usap kepala anak yatim tersebut, tidak melukainya dengan pemberian.

Ibadah malia; beribadah dengan harta yang dimiliki melembutkan hati, menangis terharu menandakan takut terhadap azab Allah SWT; datangi orang miskin, lihat kondisiya untuk melembutkan hati yang keras, pada saat melihat kondisi mereka timbul rasa terharu, menangis dan hati menjadi lemut. Manfaatnya melaksanakan ibada maliah mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT dunia dan akhirat, Pembersihan dosa,dan terapi hati yang keras.

Sedekah (sikap dermawan) dapat menghapus dosa, seperti air memadamkan api, meredam murka Allah SWT da Khusnul khatimah pada saat kematian. Do’a harus diikuti oleh usaha untuk mendapatkan lindungan Allah SWT, salah satunya dengan Shalat dan sabar.

“JANGAN TAKUT MISKIN DENGAN MENGELUARKAN HARTA DI JALAN ALLAH DENGAN TINDAKAN MAU BERBAGI; KARENA TIDAK AKAN MENGURANGKAN HARTA YANG DIMILIKI. BERIKANLAH HARTA YANG TERBAIK DAN BERKUALITAS”

Created by Ns. Isnaniar, S.Kep,M.Kep