Pekanbaru (Umrinews) – Sebagai bentuk pelaksanaan program besar yang dilaksanakan bersama Pertamina Hulu Rokan (PHR), Fakultas MIPA dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau (FMIPA Kes. Umri) membangun kerjasama dengan lima Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbagai wilayah di Riau ditandai dengan penandatangan Naskah Kesepahaman (MoU) pada Senin (12/06/2023) Pagi di Ruang Rapat Pimpinan Umri.  

Tampak hadir Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Wirdati Irma SPd MSi, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembagan AIK, dan Kerja Sama Dr Jufrizal Syahri MSi, Kepala Departmen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagut Yanin Kholison, Team Manager Laboratory and Production Chemistry PT. Pertamina Hulu Rokan Maulana Hardi, M.Si., Perwira CSR PT. Pertamina Hulu Rokan Winda Damelia, dan lima Kepala Sekolah Menengah Kejuruan di berbagai wilayah di Riau, serta Dekan FMIPA Kes. Umri Prasteya MSi, Wakil Dekan FMIPA Kes. Umri Delovita Ginting MSi, bersama tenaga pengajar FMIPA Kes. Umri.

Disampaikan oleh Dekan FMIPAKes Prasetya SSi MSi, fakultasnya khususnya melalui program studi Kimia sebelumnya sudah menjalankan empat program kerjasama bersama dengan PHR yang diakui berjalan dengan sangat baik. Program tersebut antara lain konservasi gajah di wilayah Riau bersama PHR dan BBKSDA, pengembangan ekoriparian di UMRI, program bank sampah dan proklim, program bantuan kemitraan perguruan tinggi (URP) juga ikut dalam mendukung program kemenristekdikti dan Gubernur Riau dalam kolaborasi universitas, sekolah dan industri dalam peningkatan kualitas SDM dan akreditasi.

MoU kali ini, sebut Prasetya, merupakan salah satu program yang turut melibatkan sekolah binaan. Sebagai program awal, MoU ini dilaksanakan bersama lima sekolah diantaranya SMKN 2 Pekanbaru, SMKN 1 Mandau, SMKN 2 Dumai, SMKN 1 Tualang dan SMKN 1 Pangkalan Kerinci. Program tersebut meliputi dosen dan praktisi yang hadir di sekolah sebagai guru tamu di sekolah tersebut. Selain itu, UMRI juga akan membantu membedah laboratorium. “Hal yang bisa kita sarankan kita perbaiki kita coba lakukan saat kunjungan ke sekolah. Kami juga berharap, hendaknya program ini bisa menyempurnakan program sebelumnya dimana UMRI melaksanakan pelatihan kepala laboratorium dalam rangka menambah ketertarikan siswa terhadap ilmu pendidikan sains,” ujarnya.

Selain itu, FMIPAKes juga membuka akses magang bagi siswa di Umri, melaksanakan kuliah singkat dan menjalankan memfasilitasi dan mendukung kolaborasi riset bersama sekolah.

Hal ini disambut dengan antusias tinggi oleh seluruh sekolah yang hadir. Kepala SMKN 1 Tualang mewakili seluruh sekolah yang hadir, Rozian Elfis MPd menyampaikan ketertarikannya terhadap kerjasama yang akan dilaksanakan ini. “Bahwa program yang sebelumnya sudah dijelaskan pada pertemuan beberapa waktu lalu akan memberi manfaat yang besar bagi pihak sekolah, hal ini ditanai dengan adanya beberapa alat laboratorium di sekolah yang kami hanya tahu fungsinya satu saja, tapi dengan adanya dosen ternyata bisa difungsikan untuk hal yang lain. Melihat manfaatnya, dimana saat ini ini baru lima sekolah, mudah-mudahan semakin banyak sekolah yang dapat manfaat seperti ini,” harapnya. 

Kepala Departmen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagut Yanin Kholison, sangat mendukung program ini dan berharap agar hal ini bisa terus berjalan. “Waktu saya kecil susah cari program yang seperti ini serta kami harus berjuang sendiri, berharap hal ini terus dikembangkan sebab sangat dirasakan maanfaatnya oleh generasi muda di Riau yang semakin maju dan berperan dalam menjawab masa depan,” tegasnya.

Menutup kegiatan, Rektor UMRI Dr H Saidul Amin MA juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak yang hadir atas berjalannya program yang luar biasa ini. Saidul berharap kerjasama yang akan berjalan ini akan memberikan manfaat pada kecerdasan dan masa depan anak-anak bangsa serta pendidikan di Riau.

Sumber: https://umri.ac.id/artikel/baca/2023-06-13-1686616845-fakultas-mipa-kesehatan-bangun-kerjasama-dengan-smk-diberbagai-wilayah-di-riau

By hendra pratama

admin fakultas mipa dan kesehatan universitas muhammadiyah riau