17 Mahasiswa Keperawatan, Fakultas MIPA & Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menggelar kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa 1 (MMD1) di Desa Air Terbit, Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Saat ini mahasiswa sedang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan MMD1 dilaksanakan pada Senin, 9 Oktober 2023 di kantor Desa Air Terbit yang bekerja sama dengan perangkat Desa Air Terbit. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Air Terbit Bapak Basuki, S.Kep., Ns beserta Perangkat Desa lainnya, BPD, Kadus, RW, RT,  Bidan Desa, Ibu-Ibu PKK, dan Kader Kesehatan.

Sebelum kegiatan MMD I dilaksanakan, mahasiswa sudah melakukan pengkajian kesehatan melalui wawancara, winshield survey, dan kuesioner. “MMD 1 dilaksanakan untuk memaparkan hasil pengkajian kesehatan di komunitas, masalah yang ditemukan dan prioritas masalah, dan rencana kegiatan bersama masyarakat yang akan dilakukan di Desa Air Terbit. Harapannya kegiatan ini melibatkan peran aktif masyarakat dalam tiap kegiatan yang dilakukan sehingga meningkatkan kemandirian masyarakat untuk mengoptimalkan kesehatannya”, tambah Bu Silvia. Mahasiswa dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Ns. Silvia Elki Putri, M.Kep., Sp.Kep.K; Ns. Isnaniar, S.Kep.M.Kep; dan Wiwik Norlita, A.Kep M.Kes.

Giovan Anugerah sebagai Ketua Pelaksana MMD I menyebutkan bahwa mahasiswa  menemukan masalah terkait kurangnya pengetahuan masyarakat tentang perawatan kesehatan pada masalah ISPA, hipertermi, dan hipertensi. Masalah juga ditemukan terkait kebutuhan pemeliharaan kesehatan yang berkaitan dengan lingkungan dan masyarakat juga membutuhkan pendidikan kesehatan tentang bahaya narkoba dan bullying pada remaja.

“Pada saat pendidikan kesehatan tentang penyakit ISPA dapat ditambahkan informasi bahayanya asap rokok bagi keluarga dan adanya larangan merokok di dalam rumah”, kata Ibu Eriyana S.Keb selaku Bidan Desa Air Terbit. Kepala Desa Air Terbit Bapak Basuki, S.Kep., Ns selaku Kepala Desa Air Terbit dan Bapak Sugiatmono selaku Wakil BPD menyampaikan ucapan terimakasih kepada mahasiswa keperawatan Universitas Muhammadiyah Riau yang telah berkontribusi dalam mewujudkan kegiatan MMD 1. Semoga rencana kegiatan dapat terlaksana dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Desa Air Terbit.

By hendra pratama

admin fakultas mipa dan kesehatan universitas muhammadiyah riau