Pada tanggal 2 Januari 2024, telah diselenggarakan seminar kuliah pakar dengan tema “Perawatan Luka Pendidikan Kesehatan Metode DSME” (Diabetes Management Education) di Ouditorium lantai 3 Universitas Muhammadiyah Riau. Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Keperawatan FMIPAKES.

Pemateri utama dalam seminar ini adalah Ns. Muftadi, S.Kep, SKM, M.Kes, seorang pakar di bidang perawatan luka dan pendidikan kesehatan dengan metode DSME. Beliau membahas secara mendalam mengenai pengetahuan, sikap, dan praktik klien Diabetes Mellitus, memberikan wawasan baru dalam upaya penanganan penyakit tersebut.

Sebagai pembuka acara, Ns. Pratiwi Gasril, M.Kep., Sp.Kep.K, menyampaikan sambutan selamat datang kepada seluruh peserta yang hadir. Ia menyampaikan pentingnya pengetahuan dan pemahaman terkait perawatan luka pada pasien diabetes, serta bagaimana metode DSME dapat menjadi solusi efektif dalam pendidikan kesehatan.

Acara ini dimoderatori oleh Ns. Silvia Elki Putri, M.Kep., Sp.Kep.K, yang memastikan kelancaran jalannya seminar. Para peserta diajak untuk aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, sehingga diskusi menjadi interaktif dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam.

Setelah sesi presentasi dan tanya jawab, acara diakhiri dengan momen berharga, yaitu foto bersama semua peserta, pemateri, dan panitia. Kebersamaan ini tidak hanya menjadi kenang-kenangan bagi peserta, tetapi juga mencerminkan semangat kolaboratif dalam mengembangkan pengetahuan di bidang perawatan luka dan manajemen diabetes.

Seminar kuliah pakar ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa Keperawatan FMIPAKES serta membuka wawasan baru dalam penanganan pasien Diabetes Mellitus.

By hendra pratama

admin fakultas mipa dan kesehatan universitas muhammadiyah riau